Cara Mudah Membuat Watermark Via Photoshop

Watermark merupakan salah satu bagian dari design dimana sebuah foto atau gambar diedit sedemikian rupa dengan tujuan untuk memberikan suatu tanda terhadap sebuah foto atau gambar yang bermaksud mengamankan hak cipta atas gambar yang dituju.

Seperti yang kita ketahui, alasan mengapa kita harus memberikan efek watermark kususnya pada foto atau gambar yang akan diunggah ke dunia maya adalah karena kita tahu telah banyak orang yang tidak bertanggung jawab mengambil foto maupun gambar dan menggunakannya bahkan mengaku sebagai pemilik dari foto atau  gambar tersebut tanpa ijin dari penciptanya. Nah maka dari itu pemberian watermark terhadap sebuah foto atau gambar yang diciptakan sendiri sangatlah penting supaya suatu saat tidak diambil alih oleh orang lain atas kepemilikan sebuah gambar.

Dan bagi Anda yang ingin memberikan efek watermark pada foto atau gambar ciptaan Anda sendiri, Anda dapat mencobanya menggunakan langkah-langkah berikut ini. Namun sebelum itu Anda harus memiliki sebuah perangkat komputer ataupun laptop sebagai prasarananya, karena disini yang akan dibahas adalah mengenai cara membuat watermark pada foto atau gambar menggunakan software photoshop.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat efek watermark pada suatu foto atau gambar.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan bahwa di perangkat komputer Anda telah terpasang aplikasi photoshop, jika belum Anda dapat mendownloadnya di situs resmi photoshop. Usahakan gambar/foto yang akan diberi efek watermark memiliki kualitas High Definition (HD) supaya hasilnya memuaskan.
  2. Buka aplikasi photoshop di perangkat komputer Anda dan masukkan sebuah gambar yang ingin Anda berikan efek watermark.
  3. Klik pada bagian window dan pilihlah “action” di photoshop tersebut.
  4. Setelah itu buatlah layer baru dan kemudian klik pada bagian “custom shape tool”.
  5. Pastikan sebelum langkah ke 4 diatas Anda telah memiliki logo tentang penciptaan foto atau gambar Anda tersebut, baik itu nama Anda maupun nama bisnis Anda. Masukkan logo tersebut pada custom shape tool yang telah Anda klik.
  6. Ubahlah warna logo yang telah Anda masukkan menjadi warna hitam.
  7. Langkah selanjutnya yakni dengan mengeklik fillter kemudian pilih stylize dan pilih lagi emboss untuk mengatur ukuran nilainya.
  8. Setelah Anda merubah nilainya, ubahlah layer yang telah dimuat diatas menjadi Hard Light pada menu yang tersedia.
  9. Karena sudah selesai jangan lupa untuk menyimpannya.

Jika Anda ingin memberikan efek watermark pada foto atau gambar lebih dari satu, Anda tidak harus mengeditnya satu per satu. Secara singkat Anda dapat mengeditnya dengan cara mengeklik bagian “file”, kemudian pilih “automate” lalu pilih “bath”. Seperti cara sebelumnya yakni dengan mengeklik “action”. Kemudian sourcenya pilih folder yang terdapat beberapa gambar (pastikan semua gambar yang ingin Anda beri efek watermark telah berada dalam satu folder). Lalu di bagian tab destination Anda tinggal pilih “save and close”. Sampai disitu maka semua gambar didalam folder secara otomatis akan ada efek watermark yang sama.

 

Itulah tutorial mengenai cara memberikan efek watermark pada foto atau gambar. Namun sebelum itu, demi keamanan Anda juga dituntut untuk memastikan bahwa foto atau gambar yang akan Anda beri efek watermark itu adalah benar-benar milik Anda sendiri, bukan menyalin dari orang lain, karena itu termasuk melanggar hak cipta dan dapat diproses secara undang-undang.