Cara Migrasi Hosting WordPress Dengan Domain Berbeda

Migrasi hosting dengan mudah – Hosting adalah tempat dimana kita akan menyimpan file didalam sebuah server yang nantinya bisa diakses oleh pengguna lain dengan menggunakan jaringan internet. Hosting bisa diibaratkan rumah di internet sebagai alat untuk membangun dan menyimpan data-data yang kita punya. Domain berfungsi untuk mengidentifikasi ip server memudahkan untuk mengakses data tersebut. Ada beberapa sebab pemilik hosting memindahkan filenya entah disk penuh, hosting sering down atau mati, resource yang terbatas, dan lainnya. Sebelum migrasi sebaiknya mempersiapkan domain baru yang ingin digunakan migrasi.

Saat melakukan backup saya sarankan mengonpress data-data anda menjadi file .zip. Dengan mengonpress ke exntensi .zip data anda mudah untuk dipindahkan dan cpanel hosting hanya bisa mengekstak file dengan extensi .zip sedangkan untuk extensi .rar tidak bisa. Setelah semua data di compress selanjutnya backup database ke menu database pada cpanel anda. Upload file backup ke cpanel baru. Import database bisa dilakukan dengan upload file extensi .sql.zip atau .zip. WordPress termasuk cms yang open source sehingga anda dapat mengedit sesuka anda dan sudah banyak digunakan.

Baca juga: Membuat blog/situs safelink meningkatkan penghasilan adsense

Perbedaan migrasi hosting beda domain terletak pada mengedit databse pada label wp_options di kolom sitename dan home. Setelah membaca penjelasan saya sebelumnya. Dibawah ini akan saya jelaskan lebih rinci bagaimana cara imigrasi wordpress dengan domain berbeda:

  1. Pastikan domain baru sudah aktif atau sudah siap digunakan untuk tempat migrasi hosting lama ke hosting baru
  2. Langkah pertama ialah backup data cpanel (compress ke .zip) dan database (.sql.zip atau .zip)
  3. Upload data pada langkah kedua di hosting baru
  4. Setelah upload selesai ekstrak file .zip anda beserta database ke menu databse -> import
  5. Sesuaikan akses login database dengan file wordpress di file wp-config
    Seperti: – Nama database, – Username databse, – Password database, – tabel.
  6. Kemudian alih ke menu database
  7. pilih tabel wp-options
  8. edit kolom sitename dan home dengan domain baru anda
  9. Langkah sudah dilengkah maka migrasi dengan domain berbeda telah selesai

Apabila tabel wp-options pada database lama tidak dirubah website masih bisa diakses dengan normal akan tetapi semua link seperti konten, category, beranda akan mengarah ke domain lama. Demikian postingan migrasi wordpress hostingan dengan domain berbeda semoga bisa memberi kemudahan untuk kesulitan anda.