Cara Merubah Jaringan 3G H+ Menjadi 4G LTE Pada Smartphone yang Bermasalah

Berbicara mengenai jaringan tidak lepas dari gadget atau sebuah smartphone. Jaringan merupakan komponen penting karena dengan kehadirannya menjadikan smartphone menjadi memiliki daya guna yang tinggi bagi para penggunanya, salah satunya adalah dalam hal berinteraksi antar pengguna walaupun berjarak jauh sekalipun. Karena salah satu fungsi dari jaringan sendiri adalah menghubungkan smartphone satu dengan lainnya, atau juga dapat dikatakan sebagai penyalur masuk keluarnya data dan informasi.

Jaringan telah menjadi fitur utama pada sebuah smartphone. Karena itulah di setiap smartphone selalu dibekali oleh fitur yang satu ini. Jika berbicara mengenai kekuatan pada jaringan sendiri, maka kita tahu bahwa pada jaringan tersebut terdapat sebuah kelas yang berbeda-beda, adapun diantaranya GPRS, 2G, EDGE, 3G, HSUPA, HSDPA dan yang terbaru ini adalah 4G LTE.

Sejauh ini, kebanyakan jaringan kelas HSDPA lah yang masih banyak terpasang di setiap smartphone. Walaupun kelas ini sudah cukup mumpuni dalam aktifitas sebuah smartphone, namun akan lebih baik lagi jika smartphone telah terpasang jaringan kelas 4G LTE. Nah jika kebetulan smartphone Anda saat ini telah mengusung teknologi jaringan sekelas 4G LTE namun ternyata jaringan yang muncul di smartphone Anda masih tetap H+, itu bararti smartphone Anda terdapat sedikit masalah.

Jika Anda berniat untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut ini. Namun sebelum itu pastikan smartphone Anda telah benar-benar support 4G LTE, selain itu kartu dan sinyal di tempat Anda berada juga telah mendukung jaringan 4G LTE.

 

Cara Mengatasi Masalah 4G LTE Tidak Muncul di Smartphone 4G LTE

Secara umum, permasalahan diatas dapat diatasi menggunakan cara-cara dibawah. Namun tidak semua smartphone memiliki mode pengaturan yang sama. Cara tersebut merupakan langkah yang biasanya dilakukan oleh para pengguna smartphone yang memiliki permasalahan serupa pada umumnya, jika cara yang dijelaskan tidak sama dengan mode pengaturan smartphone Anda, itu berarti cara tersebut tidak dapat dilakukan. Maka Anda harus mencari cara lain.

 

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan pergi ke bagian menu pada smartphone Anda dan pilih data seluler atau data lainnya yang terletak di bagian nirkabel.
  2. Setelah itu pilihlah 4G LTE atau GSM / WCDMA / LTE pada perintahnya. Mode inilah yang menjadi sumber keluarnya jaringan 4G LTE pada smartphone.
  3. Kemudian tunggu beberapa saat sampai smartphone Anda keluar jaringan 4G LTE. Jika memang masih belum, reboot smartphone Anda.
  4. Jika ternyata jaringan 4G LTE masih belum juga keluar, maka langkah selanjutnya adalah dengan pergi ke menu dial pad dan memasukkan *#*#4636#*#*.
  5. Setelah masuk pada tool pest, langsung saja Anda pilih telepone information. Secara otomatis Anda akan menemukan opsi layanan GPRS, jenis jaringan, PPP, Nomor serial serta lainnya.
  6. Pilihlah opsi jenis jaringan dan kemudian pilih jaringan 4G LTE only.
  7. Setelah di back maka secara otomatis smartphone Anda akan mengunci jaringan 4G LTE.

 

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan ketika jaringan pada smartphone Anda error atau tidak muncul jaringan 4G LTE. Jika cara diatas tidak kunjung berhasil, maka dapat dikatakan bahwa smartphone Anda memang belum terpasang teknologi jaringan 4G LTE, atau mungkin kartu yang Anda pakai tidak support jaringan 4G LTE. Wilayah yang Anda tempati juga terkadang berpengaruh karena tidak semua wilayah di Indonesia terdapat sinyal 4G LTE.