Cara Mengedit Video Dengan Mudah

Video yang berkualitas High Definition merupakan video yang memiliki kualitas grafik dan olah gambar yang sangat bagus dan jernih. Data yang dikandungnya pun cukup besar dan dapat memakan banyak ruang penyimpanan. Biasanya video high definition memiliki resolusi cukup tajam, yakni kisaran 1920×1080 dan 1280×720 pxl. Dengan resolusi yang cukup besar tersebut, data yang diperlukan juga cukup besar bila Anda ingin menyimpan atau menggunakannya ketika dalam pengeditan.

Mungkin jika Anda menggunakan gadget pc ataupun laptop dengan spesifikasi mumpuni termasuk ruang data yang mendukung kualitas HD tidak masalah jika digunakan sebagai alat untuk mengedit video semacam itu, karena ruang data yang dibutuhkan lebih dari cukup. Namun berbeda lagi jika kita menggunakan gadget biasa namun dilakukan untuk mengedit sebuah video yang memiliki kualitas high definition. Ruang data pun tak akan cukup untuk memproses pengeditan video yang memiliki resolusi sebesar itu.

Baca Juga:
1. Cara Agar Komputer Lebih Cepat Dengan Menambah RAM
2. Cara Simple Hapus Virus Hi.ru
3. Keluar Akun Google Di Smartphone

Namun bukan berarti gadget biasa tak akan pernah bisa untuk mengedit video HD. Pasalnya terdapat cara lain yang mendukung proses pengeditan video beresolusi tinggi menggunakan gadget biasa atau dibawah standar. Setidaknya terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan dimana salah satunya dapat dikerjakan melalui langkah Convert Video seperti berikut ini.

 

Cara Mengedit Video Kualitas High Definition Tanpa Menggunakan Gadget Kelas Atas

  1. Langkah awal adalah dengan menyiapkan video HD beresolusi 1280 x 720 pxl beserta dengan gadget berupa laptop atau perangkat komputer biasa.
  2. Pastikan di perangkat komputer Anda sudah terpasang software emicsoft converter serta Adobe Premiere. Jika belum silahkan download dan instal.
  3. Setelah terpasang buka emicsoft converter tersebut dan import(masukan) video yang telah Anda siapkan sebelumnya ke software tersebut.
  4. Kemudian pilih pada bagian resolusi yang terkecil. Hal ini memungkinkan ruang data yang dibutuhkan tidak terlalu besar.
  5. Pilih tempat penyimpanan video tersebut dengan mengeklik browse kemudian pilih tempat dimana video akan diletakkan.
  6. Klik tombol convert pada video yang sudah diatur dan biarkan proses pengconvertan selesai.
  7. Langkah selanjutnya adalah dengan membuka Adobe Premiere.
  8. Pilih bagian new project dengan HDV 720p 25 fps.
  9. Import(masukkan) video yang telah Anda simpan sebelumnya dengan mengeklik File Import, kemudian pilih video atau dengan menekan Ctrl+I.
  10. Silahkan edit video Anda hingga selesai. Abaikan terlebih dahulu jika ukuran video tidak sama dengan video yang asli, karena itu hanya bersifat sementara.
  11. Setelah selesai pengeditan, simpan video hasil editan tersebut dengan pergi ke File dan Save atau tekan Ctrl+S.
  12. Pindah ke After Effects dan impor (masukan) kembali video hasil simpanan tersebut.
  13. Pada tab project klik dua kali pada sequence. Setelah itu replace semua video yang sebelumnya Anda edit di Adobe Premiere dengan mengeklik kanan, pilih replace footage dan pilih videonya.

 

Lihatlah hasil akhir video Anda yang telah diedit, ukuran yang mengecil pada langkah no. 10 diatas akan kembali normal. Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa jika mengedit video HD menggunakan gadget biasa pun tak menutup kemungkinan dapat membuahkan hasil yang maksimal tanpa menghilangkan kualitas HDnya. Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengedit sebuah video HD tanpa harus menggunakan gadget dengan spesifikasi yang mumpuni untuk pengeditan sekelas tersebut.