Algoritma Pemrograman Berbasis Java



Dalam dunia informatika anda akan mengenal istilah algoritma dan pemrograman. Algoritma adalah suatu urutan langkah – langkah dalam penyelesaian masalah secara urut (sistematis) dan logis. Urutan langkah itulah yang nantinya akan menghasilkan output yang kita inginkan, tidak peduli seberapa bagus algoritma tersebut jika hasil atau output yang dihasilkan salah maka algoritma tersebut bukanlah algortima yang baik.

Cara penulisan Algoritma

  1. Deskriptif : Penulisan Algoritma dengan dengan cara ini dilakukan dengan menuliskan kode seperti bahasa sehari – hari dalam bentuk kalimat. Bisa dengan bahasa indonesia ataupun dengan bahasa inggris.
  2. Flowchart : Penulisan Algoritma ini menggunakan simbol – simbol atau dengan diagram dan anak panah sebagai penunjuk urutan.
  3. Pseudocode : Pseudo berarti imitasi dan code berarti kode yang diintruksikan atau ditulis dalam bahasa komputer/ bahasa pemrograman. Banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan seperti C, C++, phyton, java, dll. Namun pada blog ini kita akan lebih memperdalam Bahasa Pemrograman Java.
1. Deskriptif
2. Flowchart
3. Pseudocode

Bahasa Pemrograman Java

Java adalah bahasa pemrograman yang lahir sekitar tahun 1990-an yang di buat oleh James Gosling. Bahasa pemrograman ini banyak menggunakan sintaks dari C dan C++ namun sintaksis yang digunakan lebih sederhana. Sejauh ini bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak digunakan dalam pembuatan ataupun pengembangan jenis perangkat lunak dan aplikasi. Kebanyakan perangkat lunak yang paling banyak memanfaatkan Java adalah ponsel pintar atau smartphone.

Java adalah salah satu bahasa pemrogaman dengan tingkat kesensitifan yang tinggi/case sensitive karena huruf kecil dan besar sangat dibedakan disini dan jika tidak diperhatikan maka program tersebut akan error. Java juga merupakan bahasa pemrograman yang multi device dan multi platform dimana jika anda membuat program di java, anda bisa menjalankan program tersebut di semua komputer dengan tanpa merubah isi kode tersebut. Berikut adalah contoh penulisan program pada Java.

Penulisan kode tersebut ditulis dengan NetBeans. Dimana NetBeans adalah sebuah aplikasi IDE atau Integrated Development Environment yang berbasis Java. Cara Menggunakan NetBeans :

  1. Instal Java di PC anda
  2. Download dan Instal NetBeans
  3. Setelah semua terinstal, jalankan NetBeans dan mulailah membuat program

Langkah – Langkah penginstalan Java dan NetBeans akan saya tampilkan di Blog Berikutnya

Kelebihan Java :

  1. Multi plartform. Dapat dijalankan dibeberapa platform komputer an sistem operasi yang berbeda.
  2. OOP atau pemrograman yang berorientasi pada objek. Dimana itu adalah cara ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak.
  3. Memiliki class yang lengkap. Java memiliki librabry atau kumpulan bahasa yang lengkap, hal ini dapat membatu programer dalam mengembangkan aplikasi.
  4. Mirip Bahasa Pemrograman C++. Karena dahulu bahasa pemrograman yang terkenal adalah bahasa pemrograman C++ namun pengguna C++ banyak yang beralih ke Java karena bahasa pemrograman ini lebih mudah dipahami dan cocok untuk pemula.
  5. Bersifat dinamis. Java dikembangkan untuk memenuhi dan mengikuti perkembangan zaman.
  6. Bersifat multithread. Adalah kemempuan untuk menjalankan berbagai program dalam waktu yang bersamaan.

Kelemahan Java :

  1. Membutuhkan memori yang cukup banyak
  2. Mudah didekompilasi. Didekompilasi adalah proses membalikan kode menjadi kode sumber. Karena sifat inilah java mudah dibajak.
  3. Memiliki kecepatan yang kurang dari C++.
  4. Program yang dibuat lebih lambat dari pada C atau C++